Ternyata Inilah 3 Kelebihan Sunat Bayi Lelaki

Ternyata Inilah 3 Kelebihan Sunat Bayi Lelaki

Memiliki anak laki-laki sering kali membuat para orang tua bingung untuk menentukan waktu yang tepat untuk disunat. Jika kita mengikuti sunah nabi Muhammad, maka waktu yang tepat anak untuk di sunat adalah ketika baru lahir. Dibawah ini kami akan berikan beberapa Kelebihan Sunat Bayi Lelaki yang akan membuat anda lebih yakin bahwa sunat saat bayi adalah yang terbaik.

Kelebihan Sunat Bayi Lelaki

Kelebihan Sunat Bayi Lelaki terbaru

Di indonesia sendiri banyak sekali pertanyaan mengenai, “Kapan waktu yang tepat anak untuk disunat?” Kebanyakan orang tua akan menjawab ketika musim liburan sekolah tiba. Menurut sisi medis dan psikologi, masih belum tentu masi sekolah (SD atau SMP) merupakan waktu yang tepat untuk dikhitan.

Lalu kapan wakktu yang tepat anak untuk disunat? Menurut Integral Medical Center yang berada di London, waktu yang tepat anak disunat ketika berumur 7 sampai 14 hari. Inipun sama dengan agama islam dan beberapa budaya yang menjalankan kewajiban berkhitan ketika berusia 1 minggu.

Pengertian Sunat

Khitan atau sunat merupakan sebuah tindakan medis untuk memotong ujung atau menghilangkan sebagian kulit yang menutupi kepala kemaluan pria. Anak disunat atau tidak itu sangat dipengaruhi oleh sebuah kepercayaan agama dan budaya anak itu sendiri. Tapi jika dilihat dari segi medis, sunat ini memiliki banyak kelebihan untuk kesehatan reproduksi laki-laki.

Biasanya prosedur sunat ini dilakukan di rumah sakit, klinik, atau jasa sunat yang berada di daerah anda. Salah satu jasa sunat di gresik yang menyediakannya adalah Rumah Sunat Gresik.

Pada tahun 1999, American Medical Association mensurvei alasan kenapa para orang tua melakukan sunat pada anaknya. Dan hasilnya sangat dipengaruhi oleh agama ataupun budaya. Kemudian survei ini dilakukan lagi pada tahun 2001. Sekitar 23,5 persen para orang tua melakukan sunat pada anak dengan alasan kesehatan.

3 Kelebihan Sunat Bayi Lelaki

Kelebihan Sunat Bayi Lelaki

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, bahwasanya waktu sunat terbaik pada anak-anak ketika berumur 7 hingga 14 hari. Tentunya ini memiliki beberapa keuntungan ketika dilakukan pada saat masih bayi. Banyak sekali study yang mengungkapkan bahwa waktu sunat terbaik adalah ketika masih sangat dini.

1. Cepat Sembuh

Proses penyembuhan setelah sunat pada bayi bisa terbilang cepat, yaitu 7 sampai 10 hari, tergantung metode sunat yang digunakan. Hal ini dikarenakan pada waktu itu merupakan usia dimana pertumbuhan sel bayi terjadi sangat cepat.

Bayi yang berumur segitu masih belum bisa tengkurap, sehingga penyembuhannya menjadi lebih cepat. Berbeda dengan bayi yang sudah bisa tengkurap, sehingga resiko kemaluan tergesek saat tengkurap sangat besar.

2. Tanpa Traumu

Sebelum usia memasuki 6 bulan, anak juga tidak akan mengalami rasa trauma akibat sunat. Tentunya ini sangat berbeda ketika anak-anak di usia SD, yang mana mereka sudah tahu tentang sunat ini. Belum lagi, orang-orang disekitar seperti, om, atau kakak mereka akan menakut-nakuti bahwa sunat itu sakit.

Jika anak di paksakan untuk khitan, ia akan mendapati trauma ataupun ketakutan yang akan terus diingat hingga ia dewasa. Untuk itu, untuk menghindari trauma yang mendalam pada anak, alangkah baiknya jika anda menyunat anak ketika masih bayi. Karena mereka tidak akan merasakan trauma yang berlebih.

3. Banyak Manfaat Kesehatan

Kelebihan Sunat Bayi Lelaki yang terkahir ini adalah banyak sekali manfaat yang di dapatkan dari segi kesehatannya. Dikutip dari Huffingtonspost.com, sunat pada bayi akan mengurangi risiko terjadinya masalah pada alat reproduksi. Beberapa infeksi seperi fimosis dan infeksi saluran kemih (ISK).

Fimosis merupakan sebuah kondisi penyempitan yag terjadi pada ujung kulit kemaluan atau bagian kulup yang tidak bisa ditarik kebelakang. Ini akan menyebabkan kulit kemaluan sangat mudah kotor dan terjadinya infeksi. Jika dibiarkan, maka lama-kelamaan bisa terjadi infeksi saluran kemih. Tidak hanya itu, sunat juga bisa menurunkan risiko tertularnya HIV sebanyak 50 hingga 60 persen.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Kelebihan Sunat Bayi Lelaki. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya.

Post Comment