Ternyata Inilah 5 Manfaat Khitan yang Wajib Anda Ketahui

Ternyata Inilah 5 Manfaat Khitan yang Wajib Anda Ketahui

Bagi masyarakat di Indonesia, sunat merupakan sebuah kewajiban yang dilakukan oleh banyak laki-laki, khususnya mereka yang beragama Islam. Tuntutan agama membuat anak laki-laki entah itu yang baru saja lahir di Dunia atau masih sekolah dasar wajib di sunat alat kelaminnya. Hal ini di karenakan terdapat banyak manfaat khitan.

Manfaat Khitan

Manfaat Khitan terbaru

Khitan merupakan sebuah proses memotong sebagian kulit penutup atau kulup depan bagian kelamin laki-laki. Terlepas dari ajaran agama, ternyata khitan memiliki banyak manfaat loh. Apa saja Itu? Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Mengurangi Resiko Tertular Penyakit Seksual

Ketika di sunat, kulup yang menutupi ujung penis akan dipotong dan dibersihkan. Pemotongan ini memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah terhindar dari penyakit menular seksual seperti HPV. Sunat juga dapat menghindarkan kita dari herpes serta sifilis.

Baca Juga: Hukum Khitan dalam Islam

2. Menurunkan Resiko Penularan HIV

Kita tahu sendiri bahwa HIV merupakan sebuah penyakit seksual yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Beberapa penelitian juga sudah menemukan bahwa sunat mampu menhindari penularan terhadap HIV.

Bahkan beberapa studi di Afrika Selatan, Kenya, dan Uganda mengungkapkan bahwa sunat memiliki kelebih mampu menurunkan resiko tertular HIV sebanyak 60 persen. Tentunya ini sangat banyak.

3. Terhindar dari Resiko Fimosis

Pria yang tidak disunat pasti menarik kulupnya kebahwa ketika melakukan hubungan suami istri. Beberapa pria bahkan kesulitan menarik kulupnya kebagian bawah karena memiliki lubang yang kecil. Sementara itu, kepala kemaluan semakin membesar (fimosis). Kebiasaan inilah yang membuat kemaluan menjadi radang atau balantis.

Sementara laki-laki yang disunat tidak perlu melakukan hal itu, dan tentunya akan menhindari terjadinya fimosis ketika berhubungan badan.

4. Menurunkan Resiko Kanker Prostat

Manfaat Khitan selanjutnya adalah menurunkan resiko kanker prostat serta menurunkan resiko kanker serviks pada wanita ketika berhubungan suami istri. Tidak hanya itu, laki-laki bahkan lebih aman dari kanker penis yang amat berbahaya.

Sebuah penelitian menemukan bahwasanya pria yang disunat ketika berumur 35 tahun menurunkan resiko kanker prostat ini sebesar 45 persen. Tentunya penemuan ini sangat bagus dan penting, terutama untuk populasi yang beresiko tinggi terkena kanker prostat.

5. Meningkatkan Kepuasan Ketika Berhubungan Suami Istri

Kelebihan laki-laki yang sunat adalah mampu meningkatkan kepuasaan bagi pasangan serta meningkatkan kesehatan seksualnya. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa pria dewasa yang disunat cenderung memiliki HPV yang lebih rendah begitu juga dengan pasangannya.

Ini dikarenakan sunat mampu mengurangi resiko infeksi pada pria dan lebih sedikit juga tertular HPV kepada pasangannya.

Baca Juga: Hukum Khitan Bagi Mualaf

6. Mudah Membersihkan Kemaluan

Manfaat Khitan

Manfaat lainnya yang bisa anda rasakan ketika disunat adalah anda lebih mudah membersihkan kemaluan. Tentunya ini akan membuat terhindar dari berbagai bakteri dan menjaga kesegaran kemaluan. Bagi muslim ini membuat anda tidak terkena air sisa kencing yang mana bisa membuat tubuh menjadi najis.

Sebenarnya masih ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda melakukan khitan ini. Oleh karena itu, bagi anda pria entah muslim atau non muslim anda wajib di sunat agar menjaga kebersihan kemaluan anda.

Bagi anda yang sedang mencari tempat sunat di daerah gresik, anda bisa langsung datang ke Rumah Sunat Gresik yang berada di Perum Karangpo, bungah. Disana ada banyak metode sunat yang bisa anda gunakan, bahkan ketika baru selesai di sunat anda bisa beraktivitas seperti biasanya.

Mungkin itulah sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Manfaat Khitan bagi Pria, semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya.

Post Comment