Penting!! Inilah 2 Persiapan Sebelum Sunat yang Harus di Lakukan

Penting!! Inilah 2 Persiapan Sebelum Sunat yang Harus di Lakukan

Memiliki buah hati laki-laki merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Terlebih lagi ia harus melakukan salah satu kewajibannya sebagai laki-laki, yaitu khiat. Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, kami akan mecoba membahan mengenai Persiapan Sebelum Sunat pada anak. Jadi anda harus simak dengan baik yah.

Persiapan Sebelum Sunat

Persiapan Sebelum Sunat

Bagi pasangan suami istri yang memiliki buah hati laki-laki pasti akan mengobrol mengenai khiatn. Yah, kapan anak tersebut akan menjalani proses sunat. Pastinya ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para orang tua. Tantangan ini akan lebih sulit jika dibandingkan membawanya naik kereta api atau pesawat.

Anda hanya terbayang 2 hal saja, Apakah anda akan melakukannya ketika ia masih kecil, atau melakukannya ketika memasuki akil baligh. Tentunya bagi masyarakat Indonesia masih belum terbiasa melakukan sunat pada usia bayi. Karena pada umumnya anak akan di sunat ketika memasuki kelas 5 SD atau masa liburan ketika kenaikan kelas 6 SD.

Baca Juga: Metode Sunat yang Tidak Sakit

Membawanya Ke Dokter atau Sunat Di Rumah

Saat ini, untuk melakukan khitan tidak perlu repot-repot lagi. Anda bisa langsung membawanya ke dokter, atau anda bisa langsung menghubungi Rumah Sunat Gresik untuk langsung datang kerumah anda. Setelah anda menentukan akan dibawa ke klinik atau melakukan khitan di rumah, anda bisa langsung menentukan teknik yang akan digunakan.

Pastinya ini akan lebih membuat anda semakin bingung. Terlebih lagi saat ini terdapat berbagai metode khitan modern, seperti sunat konvesional, sunat smart klamp, sunat laser, dan sunat lem. Anda bisa tanyakan langsung ke dokter mengenai harga masing-masing metode sunat tersebut.

Setelah itu, jangan lupa juga untuk bertanya mengenai proses pemulihan setelah melakukan khitan. Apakah anak bisa di dampingi selama proses khitan berlangsung atau tidak. Tapi biasanya dokter akan mengizinkan untuk kita mendampingi buah hati ketika khitan berlangsung.

Pengertian dan Manfaat Khitan

Pastinya sebelum anda melakukan Persiapan Sebelum Sunat alangkah baiknya anda mengetahui pengertian dan manfaat khitan terlebih dahulu. Ini akan membuat wawasan anda bertambah dan ketika anak kita bertanya kita bisa dengan mudah untuk menjawabnya.

Dalam islam, khitan ini sudah di ajarkan sejak Nabi Ibrahim AS dan menjadi kewajiban setiap orang muslim di dunia. Khitan merupakan proses pemotongan kulit yang menutupi ujung kemaluan laki-laki. Pastinya pemotongan ini akan memberikan beragam manfaat untuk tubuh kita dan alat reproduksi kita.

Beberapa manfaat khitan bisa anda simak dengan seksama dibawah ini.

1. Menjaga Kebersihan

Dengan memotong kulit kemaluan yang menutupi, maka kita akan lebih mudah membersihkannya dari bekas air kencing. Tentunya selain menjaga kebersihan, kita juga akan terhindar dari najis.

2. Menghindari Masalah pada Pria

Pada sebagian orang, ujung kulup tidak bisa di tarik keatas atau yang lebih dikenal dengan fimosis. Masalah ini akan menimbulkan peradangan di ujung kemaluan.

Baca Juga: Metode Sunat untuk Bayi

Inilah Persiapan Sebelum Sunat pada Anak

2 Persiapan Sebelum Sunat

Setelah anda sudah memutuskan kapan anak untuk di sunat, maka anda perlu mempersiapkan anak anda untuk sunat. Lakukan beberapa tips dibawah ini yah.

1. Menjelaskan Perintah Sunat

pastinya anak anda tidak akan mengetahui apa itu sunat. Untuk meyakinkan anak kita, anda bisa menjelaskan hukum sunat pada anak. Pastikan untuk menjelaskannya dengan gaya bahasa yang sederhana agar bisa di mengerti anak. Tujuan awalnya untuk memperkenalkan anak dengan khitan ini.

Pastinya nanti anak akan merasa ketakutan atau menolaknya. Tapi sebagai orang tua, anda bisa membiarkannya dahulu. Seiring perkembangnya buah hati, pemahaman dan kedewasaan anak akan membaik.

2. Memberikan Hadiah

Salah satu tips jitu yang bisa anda gunakan agar anak mau di sunat adalah dengan memberikannya hadiah setelah khitan. Ini sebagai apresiasi atas keberanaian anak melakukan khitan.

Mungkin itulah sedikit tips jitu Persiapan Sebelum Sunat pada anak. Pastikan agar tidak memaksa anak untuk melakukan khitan yah. Semoga tips di atas bisa membantu anda dan bermanfaat bagi kita semua.

Post Comment